5 Usaha Kreatif Yang Bisa Dimulai Mahasiswa

Saat ini, bimbingan belajar sangat dibutuhkan adik-adik yang masih sekolah. Apalagi di era global sekarang, para orang tua menginginkan anaknya untuk menjadi yang terdepan di sekolah. Memanfaatkan situasi ini, alangkah baiknya prospek bimbingan belajar ke depannya. Membuka usaha bimbel dengan kawan-kawan akan jadi hal menyenangkan. Besarnya pengeluaran yang dibutuhkan mahasiswa sekarang, membuat sebagian besar dari mereka memilih untuk berbisnis. Banyak dari mereka yang memutuskan berbisnis online, mulai dari menjadi reseller sampai membuka jasa.

Fera membuat sendiri produk banana nugget dan memasarkannya through online. Bagi Anda yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan, maka bisa menyalurkan hobi tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bahkan dengan sedikit kreativitas saja maka Anda bisa menciptakan produk makanan ringan yang unik dan kekinian sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Setidaknya, kamu membutuhkan modal awal sekitar 3-4 juta rupiah untuk memulai bisnis ini. Untuk keuntungan dari jualan online ini sangat bervariasi tergantung pada barang jualan serta keuntungan yang didapat dalam setiap transaksi. Namun, mengapa peluang ini perlu dicoba adalah karena peluang usaha ini bisa menjadi peluang usaha dengan modal yang minim.

Genset merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menghasilkan daya listrik. Bahkan Anda tak bisa memasarkan genset ini pada sembarang orang, Anda harus tahu dulu target pasar yang harus dituju agar Genset laku penuh. Anda bisa menyediakan beragam makanan untuk hewan burung, ikan, ayam, ular, dan hewan ternak lainnya. Untuk mendapat keuntungan lebih, tak ada salahnya juga jika Anda menjual beragam pupuk untuk tanaman.

Biasanya, harga akan dipatok Rp 500 ribu- Rp 2 juta rupiah untuk 1 brand. Tahukan Anda pertumbuhan bisnis sektor offline dan online dalam negeri belakangan sedang mengalami peningkatan pesat. Beberapa dari mereka condong memilih mendengarkan podcast daripada menghabiskan waktu membaca buku. Aplikasi di App Store dan Google Play Store merupakan industri miliaran rupiah. Semua bisnis sedang mengadopsi sistem aplikasi cell dan permintaan terhadap apps yang bermanfaat juga meningkat. Bisnis ini mungkin agak susah dilakukan karena keterbatasan modal sebagai seorang mahasiswa.

Anda dapat memproduksi beberapa jenis keripik karena jenis usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk membeli bahan baku. Agar modal 50 ribu cukup digunakan sebagai modal usaha rumahan, sebaiknya Anda harus mencari provider bahan baku berkualitas dengan harga murah. Anda bisa mencari suplier tersebut melalui web maupun bertanya kepada orang-orang terdekat. maka Anda sudah mulai belajar memutuskan untuk membangun sebauh perusahaan bagi diri sendiri.

Cukup dengan modal smartphone atau laptop, knowledge web, dan tentu saja produk yang akan dijual. Kamu bisa kok memulai bisnis sampingan dengan modal kecil atau tidak bermodal sama sekali, tanpa mengganggu urusan perkuliahan. Menjadi asisten dosen adalah salah satu profesi yang bisa menjadi pilihan ketika kamu menjadi mahasiswa. Umumnya asisten dosen adalah mereka yang menguasai suatu bidang mata kuliah, kemudian ditugaskan untuk membantu dosen dalam mengajar.

Sebab makanan kecil, seperti snack dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kuliah. Karena alasan terburu-buru, mahasiswa yang kebanyakan anak kost biasanya datang ke kampus dengan perut kosong. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang, yaitu dengan berjualan makanan, seperti gorengan, nasi bungkus, dan kue-kue. Bisnis dropshipper merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dibilang tidak memerlukan modal, terutama dalam hal modal untuk menyetok barang yang ingin anda jual kembali. Anda bisa mengajak mereka untuk membuka bisnis ini dan mulai menawarkan jasa kepada masyarakat.

Bisnis rumahan untuk mahasiswa

Saat ini video bermain sport juga bisa dijadikan konten untuk channel Youtube. Video yang unik dan menarik akan mendatangkan banyak penonton dan pelanggan. Saat channel YouTube sudah layak dimonetisasi, maka bisa mendatangkan uang. Ini bisa dilakukan oleh orang umum ataupun yang masih berstatus mahasiswa. Bagi mahasiswa yang senang dengan desain grafis serta mempunyai keahlian, mereka dapat memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen.

Selain bisa terus belajar, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang saku yang cukup besar. Pekerjaan ini akan lebih cocok bagi kamu yang punya keterampilan di bidang pembuatanwebsite. Saat ini tak sedikit perusahaan, usaha, atau perorangan individu yang memiliki websitenya sendiri.

Tatsuya