10 Langkah Bikin Bisnis Sejak Mahasiswa

Karena sampai detik ini, saya masih berjuang mewujudkan apa yang disebut dengan “impian”. Mungkin lebih tepat kalau kehadiran saya disini mewakili orang yang bersemangat. Meskipun beragam resiko yang dihadapai dalam membangun usaha, Sandiaga meminta mahasiswa untuk tidak takut mengambil kesempatan dalam berwirausaha. Manfaatkan kesempatan berwirausaha agar kalian bisa meraih kesuksesan,” imbaunya.

Semua ide yang telah anda pikirkan selama ini harus dieksekusi menjadi sebuah tindakan yang nyata, jangan hanya menjadi wacana dan angan-angan. Beranilah untuk mengambil tindakan yang pasti, ambil langkah awal dan segera memulainya. Jadi, lakukan langkah-langkah memulai usha tersebut dengan tertib dan berhati-hati, dan jangan lupa lakukan evaluasi. Sekarang mungkin waktu yang tepat untuk mengambil risiko dan memulai bisnis kecil-kecilan.

Wirausaha juga menumbuhkan kreatifitas, kemampuan menganalisa, baik analisa market maupun analisa sumber daya. Menjadi seorang pengusaha muda dan mahasiswa akan membawamu pada tantangan sekaligus peluang yang besar. Kamu mungkin akan mendapatkan berbagai penolakan dari orang-orang sekitar, atau di lain waktu kamu justru akan merasa kewalahan dengan berbagai hal yang harus dikerjakan.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membuka bisnis kuliner sebaiknya kamu memikirkan konsep semenarik mungkin dan usahakan konsep tersebut original yang berbeda dari bisnis kebanyakan. Salah satu cara riset kecil-kecilan yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat sample makanan, lalu membawanya saat kumpul bersama teman-teman. Setelah itu, kamu bisa meminta mereka memberikan komentar jujur mengenai makanan yang kamu buat. Dari situ, kamu bisa menentukan menu yang kamu jagokan untuk dijual sekaligus memperbaiki kualitas makanan kamu sesuai dengan masukan yang ada.

Mental yang baik sejak awal, akan membantu kamu untuk bertahan, belajar dan belajar terus dalam mengembangkan bisnis yang kamu jalankan. Gagal itu soal biasa, namun yang membedakan kegagalan seseorang dengan yang lainnya adalah ketika orang Judi Online tersebut selalu bisa bangkit dan memperbaiki kegagalannya. Berbisnis oriflame bukan hanya tentang anda dan produk, anda juga akan mendapatkan rekan-rekan usaha. Dalam bisnis oriflame anda bakal menemukan istilah downline dan upline.

Jika kamu memiliki hobi menjahit, kamu bisa menjual produk seperti bantal custom atau pakaian dan produk lainnya. Seorang ibu rumah tangga yang terpaksa membuka usaha kuliner untuk menambah penghasilan karena gaji suaminya tidak cukup, kemudian berkembang menjadi sebuah restoran. Dengan kondisi pandemi yang masih membatasi banyak aktivitas masyarakat, pilih bisnis yang paling memungkinkan dijalankan di tengah situasi seperti ini. Apabila Anda sebenarnya masih memiliki pekerjaan tetap dan usaha tersebut hanya sebatasside hustle, buatlah pengaturan waktu yang baik supaya pekerjaan utama Anda tidak sampai terganggu.

Dari sini, Anda juga bisa melihat antusiasme pasar terhadap usaha tersebut. Peluang usaha ini bisa Anda coba, jika memiliki keterbatasan modal. Mengingat usaha kuliner tidak begitu murah, Anda tentu butuh pilihan lain, dan bisa jadi berjualan pulsa dan kuota internet membuahkan hasil memuaskan. Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama melalui Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi menggelar webinar millenial dengan tema “Creativepreneur to be a Billionaire” (28/6). Narasumber webinar milenial menghadirkan entrepreneur muda yang sukses yaitu Wirda Mansyur. Diikuti oleh ratusan peserta dari baik dari mahasiswa PHB maupun masyarakat umum khususnya generasi milenial.

Tatsuya