Waralaba, Untung Dan Ruginya

Jika seseorang belum memiliki pengalaman tapi mempunyai modal yang cukup besar, Anda bisa membeli waralaba dari merek dagang yang sudah terkenal. Namun, Anda harus teliti dan jeli jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan kalau Anda hanya memiliki modal yang terbatas, Anda harus berpikir berkali-kali sebelum memutuskan usaha waralaba tersebut agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Seringkali jalannya bisnis waralaba dalam bentuk kegiatan pertukaran uang dengan perjanjian atau kontrak supaya dapat menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Baik itu membuka usaha sendiri atau pun berbisnis dengan paket franchise. Sayangnya, tujuan utama franchisor ini terkadang tidak terlalu dianggap oleh para mitra bisnis. Franchisee umumnya hanya ingin membeli produk waralaba yang sudah terkenal dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar dari berjualan produk tersebut. Ini lah mengapa jika Anda di posisi franchisor, Anda harus melakukan riset mendalam dan menyeleksi secara ketat calon mitra bisnis potensial Anda. Modal yang dibutuhkan untuk stock barang tidaklah murah, saat kita membeli sebuah produk dari supplier, maka kita akan berharap barang tersebut mampu terjual dengan harga lebih tinggi.

Apakah payment yang dibayarkan akan sama jumlahnya untuk jangka waktu tertentu sesuai kontrak? Hal-hal seperti ini perlu dicari tahu terlebih dahulu karena kadang franchisor yang melihat franchisee berhasil biasanya akan menaikkan payment royalti di tahun selanjutnya. JAKARTA, KOMPAS.com — Usaha waralaba bisa menjadi satu pilihan untuk menambah penghasilan Anda. Namun, sebelum memulainya, ada baiknya Anda mengenal untung rugi usaha waralaba itu terlebih dahulu. Masing-masing mitra juga bisa diberikan syarat untuk menyuntikkan modal sejumlah sekian, yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Beberapa kelemahan dari waralaba umumnya datang dari prosesnya yang birokratis. Untuk menjaga standar yang perlu diterapkan oleh seluruh jaringan gerainya, maka setiap kebijakan baru dari usahanya perlu dilakukan dengan prosedur yang baku. Jika perusahaan lain yang menggunakan model yang sama dengan brand perusahaan Anda melakukan hal yang baik, maka secara otomatis citra perusahaan Anda juga akan mengalami peningkatan. Sebaliknya, jika perusahaan lain yang menggunakan model Bandar Slot Online yang sama dengan Anda melakukan hal yang negatif, maka secara otomatis citra perusahaan Anda juga akan tercoreng. Keuntungan dan kerugian franchise yang dijabarkan di atas, memang tidak bisa dihindari namun bisa kamu minimalisir dengan beragam cara.

Beberapa keuntungan dan kerugian usaha waralaba

Dengan begitu, calon pelaku usaha bisa menentukan bisnis pilihannya. Usaha sendiri akan dijalankan dari nol, bisa lebih bebas dalam berinovasi dan bereksperimen, namun tingkat resikonya jauh lebih tinggi. Kamu harus tetap mengikuti aturan yang spesifik dan memenuhi syarat-syarat tertentu, jika tidak ingin lisensimu diputus. Waralaba bukan bisnis mannequin yang cocok jika kamu punya jiwa yang senang membuat inovasi dan mengeksplorasi. Jangan heran bila kita mendapati warung kopi yang buka 24 jam non cease terutama yang buka di tempat-tempat keramaian sepeti terminal, stasiun, pabrik, dan lainnya. Cukup dengan merekrut 1-2 orang karyawan, pemilik warung bisa membuka warung kopinya full day.

Pemilik lisensi akan memberikan panduan operasional yang komprehensif dan program-program pelatihan bagi para pelaku bisnis. Pelatihan ini meliputi pemasaran, operasional, akuntansi, teknologi, dan juga pelatihan lain yang spesifik tentang bisnis model yang dijalankan waralaba ini. Retail adalah semua kegiatan usaha yang melibatkan penjualan barang dan jasa kepada konsumen baik untuk keperluan private maupun rumah tangga mereka.

Tatsuya