Ideas Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

Kategori ini termasuk tabungan likuid seperti dana darurat; tabungan pensiun, dan investasi lainnya seperti rekening perantara. Banyak cara untuk menjaga kesehatan dan memproteksinya, salah satunya dengan membeli produk asuransi kesehatan. Dengan internet, kamu sudah tak perlu keliling financial institution cuma untuk mencari informasi. Kemudahan period digital ini pun menjadi bagian dari cara mengatur keuangan untuk membuat masa depan cerah. Hal terakhir ini wajib Anda lakukan, untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat, atau malah melebihi dari anggaran yang telah Anda buat. Jika yang terjadi seperti itu, sudah seharusnya Anda melakukan revisi terhadap anggaran tersebut.

Tips mengatur keuangan

Penting lho untuk menahan diri mengeluarkan uang berlebihan, terutama di awal bulan. Tapi, coba deh dahulukan hal lain yang lebih penting dan tahan keinginan impulsive kamu. Menurut NPD Group, seventy two persen dari pembeli yang berbelanja dengan membuat daftar belanja terlebih dahulu jarang atau tidak pernah melakukan pembelian impulsif. Oleh karena itu ALovers perlu memasang pengingat untuk membayar tagihan.

Misalnya dengan menghentikan kebiasaan buruk merokok, mengurangi konsumsi alkohol, ataumengurangi makan atau membeli minuman di luar dengan membawanya sendiri dari rumah. Dengan begitu, pengeluaran harian dapat dipangkas dan dapat ditabung setelahnya. Cara menghemat uang dengan mudah yang terakhir bisa dilakukan, yakni dengan mengubah kebiasaan belanja atau sikap konsumtif yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk keperluan yang tidak perlu.

Untuk mencatat piutang pelanggan dengan aman, gunakan fitur Kasbon pada aplikasi Qasir. Untuk memantau inventaris dengan mudah dan GRATIS, gunakan aplikasi Qasir. Banyak sumber informasi yang menyatakan bahwa kemampuan pelaku UMKM dalam mengenali dan mengakses sumber daya keuangan akan berdampak pada tingkat pertumbuhan UMKM.

Tetapi, mereka tetap mengedepankan kemampuan mencari dan mendulang, ketimbang sekadar menyimpannya. Setiap orang harus memiliki tujuan keuangan dalam hidupnya, baik tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Kita harus realistis dalam menentukan pengeluaran bulanan, jumlah dana darurat dan tempat menyimpannya. Perubahan kebiasaan masyarakat ini tercermin dari peningkatan signifikan pada nilai total Situs Bola Online transaksi Gopay dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Penggunaan Gopay untuk berinvestasi juga naik hingga tujuh kali lipat sejak pandemi.

Tatsuya