Apakah Franchise Adalah Bisnis Yang Menguntungkan?

Sour Sally sendiri mengalami tantangan berat sebelum memutuskan untuk memulai franchise,” kata Donny. Pun banyak model minuman boba dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Waralaba lain yang begitu populer adalah kopi susu atau kopi kekinian.

Waralaba ini saat ini sudah banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, seiring berkembangnya brand-brand lokal dan usaha-usaha menengah ke bawah. Melihat perkembangan dan banyaknya brand bisnis yang ditawarkan, tentu membuat calon pengusaha sedikit kebingungan untuk menentukan ide bisnis yang cocok. Nah, tentunya untuk memilih bisnis harus dilakukan dengan matang dan menghitung keuntungan dan juga kerugian yang didapat.

Bisnis waralaba yang sekarang banyak diminati

Awalnya ia merintis bisnis ini karena pengalaman pribadi saat sulit menemukan alat mendaki yang ia butuhkan. Tidak hanya sekedar berolahraga rutin, pola konsumsi makanan pun sangat diperhatikan. Heri Poerjanto Noegroho asal Semarang mengaku mengantongi Rp6-7 juta dari bisnis ini. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan website resmi untuk menampilkan semua koleksi barang antik yang Anda jual. Jika Anda tertarik, Anda bisa menjajal bisnis ini karena belum banyak yang terjun di dalamnya. Perias pengantin yang lama berkecimpung di rias manten tradisional, Yuyuk Endi, mengatakan omzet bisnis rias pengantin berkisar antara 50-70% dari complete modal yang dikeluarkan.

Usaha ini juga cocok untuk orang yang ingin untuk menjadi pengusaha namun belum memiliki pengetahuan dan ide yang cukup. Kentang goreng menjadi camilan yang sangat populer baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kabar baiknya, ada waralaba untuk jenis makanan ini yakni Pota Potatoes.

Anda bisa memulainya dengan barang yang nilainya tidak terlalu tinggi dulu. Selama barang antik tersebut diinginkan oleh konsumen, bisnisnya akan terus berjalan. Pada awalnya, Anda mungkin harus menyiapkan modal untuk melakukan renovasi rumah Anda. Selain itu, Anda perlu membeli beberapa perlengkapan bermain anak sekaligus upaya mempromosikan usaha. Seorang wedding ceremony organizer lain bernama Yupitirani menggunakan modal Rp3 juta untuk memulai bisnis ini. Saat itu sebagai sopir mobil rental, ia menemukan peluang usaha bahwa masyarakat menginginkan seorang sopir yang berpenampilan baik dan berwawasan luas.

Usaha waralaba makanan atau yang biasa dikenal dengan sebutan franchise makanan memiliki banyakjenis ragam, mulai dari makanan tradisional, internasional, hingga jajanan/ makanan murah. Bisnis makanan/ minuman murah adalah jenis usaha franchise makanan murah yang memiliki peminat paling banyak, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, hingga mahasiwa. Mereka menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan dari kegiatan/ rutinitas pokoknya sehari-hari. Jenis franchise ini lebih banyak diminati sebagai usaha sampingan dikarenakan mudah untuk ditekuni dan dijalankan. Disamping itu, modal kecil merupakan alasan mengapa usaha waralaba makanan murah ini diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Anda bisa memilih sesuai kategori bisnis waralaba yang Anda inginkan.

Lulusan STIKI Malang ini menciptakan banyak software program, mulai dari software laboratorium bahasa hingga manajemen sekolah. Namun, jangan salah, potensi penghasilannya tidak dapat dianggap remeh. Anda juga bisa belajar dari kesuksesan Yanis Gallery asal Yogyakarta yang merambah pasar ekspor dengan menggunakan website sebagai media promosi. Berbagai penghargaan pun diraih berkat ketekunan mereka di bisnis tersebut. Produk ciptaannya terbukti sangat disukai bahkan diekspor hingga ke luar negeri. Penghasilan yang ia terima tiap bulan pun bisa mencapai hingga Rp78 juta.

Tatsuya