3 Zodiak Paling Jago Atur Keuangan, Tabungannya

Selain potongan harga, promo cashback juga bisa membantu Anda menghemat anggaran. Cek aplikasi-aplikasi yang biasa Anda gunakan untuk belanja online. Jika ternyata ada promo menarik, maka itu bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran.

Tips mengatur keuangan

Ada cara mengaturmanajemen keuangankeluarga yang bisa dilakukan dengan rumus sederhana, yakni 50 – 30 – 10 – 10. Dengan rumus tersebut, 50% dari whole pendapatan keluarga akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup. Setelah rencana belanja disusun dengan menyisakan kebutuhan-kebutuhan prioritas utama yang harus dipenuhi dalam sebulan, maka kamu sudah bisa menetapkan anggaran dari setiap element kebutuhan keluarga. Rencana anggaran pengeluaran tidak boleh melebihi kemampuan atau pendapatan keluarga dalam sebulan.

Hal yang tidak boleh luput darireviewkeuangan keluarga akhir tahun adalah aset dan kewajiban. Anda harus mengetahui posisi aset yang Anda miliki dan posisi utang. Pengeluaran-pengeluaran tersebut ternyata jumlah bisa jadi cukup besar jika diakumulasikan dalam satu bulan.

Akibatnya, kamu akan terjebak dalam ketidakjelasan dan bingung untuk menentukan hal-hal yang perlu diperbaiki dalam bisnismu. Besarnya dampak pandemi virus corona terhadap perekonomian dunia tidak bisa kita pandang sebelah mata. Di masa-masa ini, masih bisa bekerja, baik dari kantor maupun dari rumah, adalah sebuah privilese yang patut kita syukuri. Mungkin selama beberapa bulan belakangan ini perencanaan keuanganmu terganggu, baik karena gaji yang dikurangi atau karena kebutuhan-kebutuhan darurat lainnya. Selama pandemi belum berakhir, penting bagi kita untuk cermat dan hati-hati dalam mengatur keuangan untuk mengantisipasi keadaan-keadaan darurat yang mungkin terjadi. Di bawah ini adalah beberapa cara dan tips untuk mengatur keuangan di masa pandemi yang bisa kamu coba.

Perlu diketahui apakah cara Anda mengelola keuangan sudah tergolong baik, atau Anda memang memiliki masalah secara psikologis bila terkait keuangan. Hal ini tentu memerlukan bantuan orang lain untuk menilainya, jelas Astle. Hal ini menjadi kunci sukses Anda dalam mengatur keuangan untuk dapat berlibur dan pergi ke Holyland. Dalam pengaplikasiannya, Anda harus bisa dengan bijak mengetahui prioritas kebutuhan Anda. Hindari untuk menggunakan kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari.

Anda memang harus memastikan bahwa monitoring harus dilakukan dengan baik. Kemampuan untuk memantau keuangan perusahaan adalah hal yang terpenting. Laporan pengeluaran yang transparan akan membantu Anda semakin mudah melakukan analisis hingga membantu Anda untuk memutuskan keputusan yang berhubungan dengan keuangan.

Dari total pengeluaran kamu di metode zero budgeting yang sebesar Rp5 juta, kamu bisa mendata pengeluaran mana yang sifatnya “wajib dipenuhi” untuk dipenuhi setiap bulan. Kamu pun bisa mencoret tiga jenis pengeluaran yang sifatnya belum menjadi prioritas saat kamu kehilangan penghasilan, pengeluaran itu adalah investasi dan tabungan, nafkah istri, dan hiburan. Bila kamu memutuskan untuk membeli rumah secara kredit, tempatilah rumah tersebut agar rumah baru yang kamu beli menjadi lebih terawat.

Tatsuya